Kuliah tamu “Pengaplikasian GIS dalam Keprofesian Perencanaan Wilayah dan Kota”

Kuliah tamu

“Pengaplikasian GIS dalam Keprofesian Perencanaan Wilayah dan Kota”

 

 

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota pada tanggal 15 November 2017 melakukan kuliah tamu tentang Pengaplikasian GIS dalam keprofesian Perencanaan Wilayah dan Kota. Kuliah tamu digunakan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang nilai penting GIS dalam profesi sebagai perencana. Kuliah tamu mendatangkan Cahyono Susetyo S.T., M.T., Ph.D. yang merupakan dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Pak Cahyono Susetyo S.T., M.T., Ph.D merupakan pakar terkait Arcgis dan Geography Information System. Pada kesempatan kali ini beliau akan memberikan materi terkait pengaplikasian GIS dalam keprofesian ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota. Kuliah tamu dimulai dengan  penjelasan sejarah proses pembuatan peta sebagai materi pembukanya. Proses pembuatan peta pada jaman sebelum adanya computer dibuat menggunakan alat manual. Mengikuti perkembangan keberadaan computer yang semakin canggih, pembuatan peta mulai dilakukan dengan software Sistem Informasi Geografis. Sistem Informasi Geografis dipergunakan untuk membantu tahapan perencanaan dalam 3 hal yakni tahap pengambil keputusan, tahap koordinasi, tahap komunikasi.

Data yang digunakan dalam proses perencanaan terdapat 2 bagian penting yakni informasi lokasi (Spasial) dan informasi deskriptif (Atribut). Informasi lokasi (spasial) berkaitan dengan koordinat geografi (lintang dan bujur) dan koordinat XYZ. Sedangkan informasi deskriptif (atribut) merupakan informasi nonspasial yang merupakan keterangan berkaitan dengan lokasi. Dalam proses pembuatan peta, perencana  harus menyesuaikan dengan standar peta yang ada,. Standar yang digunakan untuk pembuatan peta telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republuk Indonesia No 8 Tahun 2013 tentang Ketelitian Peta Rencana Tata Ruang.

 

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan II yakni Bapak  Syamsul Arifin, ST., MT pada pukul 08.00 WIB. Kuliah tamu diselenggarakan di ruang LP3M (Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu) Universitas Jember. Setelah pemaparan materi dibuka sesi tanya jawab kepada peserta yang hadir. Pertanyaan dibuka dengan masalah Licensi Arcgis untuk bidang akademik dan penggunaan drone sebagai citra pengganti satellite dalam proses perencanaan.

Peserta kuliah yang hadir dalam kali ini tediri dari 61 mahasiswa dan 5 dosen program studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Para peserta bersemangat mengikuti kuliah tamu dan yang membuat menarik guest lecture kali ini yaitu Pak  Cahyono Susetyo S.T., M.T., Ph.D  menyampaikan dengan cara yang santai dan menyenangkan sehingga mudah dipahami serta materi-materinya berdasarkan pengalaman di dunia profesi perencana.

Setelah sesi tanya jawab selesai dilakukan sesi foto bersama dan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh Ibu Dr. Dewi Junita Koesoemawati, ST., MT. selaku Ketua Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember.  Semoga kegiatan kuliah tamu akan terus dilakukan dalam menghadapi tantangan jaman dalam ilmu perencanaan wilayah dan kota. Sehingga mahasiswa dapat selalu update dengan ilmu yang dibutuhkan.

Posted on: December 21, 2017, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *