Mengagumkan! Mahasiswa Perencanaan Wilayah & Kota UNEJ Menjuarai LKTI yang diselenggarakan ITB

Jember, Perlombaan Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang diikuti peserta membahas lebih luas terkait peran spasial dalam mendukung perwujudan Indonesia emas 2045. Peran spasial yang dimanfaatkan oleh Tim Impian Besuki Raya yaitu mengenai perencanaan terbentuknya pedestrian yang mengintegrasikan kawasan pendidikan di perkotaan Jember. Pada penulisan KTI ini, data spasial berperan pada pengambilan titik – titik bangkitan dan tarikan kegiatan yang dijadikan dasar klasifikasi prioritas pembangunan pedestrian. Adapun lokasi penelitian yang digunakan berada di sekitar kawasan perkotaan Jember yang meliputi ruas Jalan Kalimantan, Jawa, Sumatera, Matrip, Kaliurang, Danau Toba, dan Bengawan Solo.

Perancangan pedestrian yang dimaksud akan dikembangkan dengan mengedepankan lima prinsip utama yang terdiri atas: komprehensif, aman, nyaman, inklusif, serta integrasi dengan dukungan angkutan umum. Konsep komprehensif didapat melalui ketersediaan infrastruktur pejalan kaki dan pesepeda serta keterjangkauan akses menuju ruang publik. Pendalaman konsep aman akan ditinjau dari pengendalian kecepatan laju kendaraan yang melintas. Serta, penambahan peneduh, tempat sampah dan bangku umum di sepanjang ruas jalan diharapkan mampu menunjang kenyamanan pengguna pedestrian. Sementara itu, pedestrian yang dirancang juga mengedepankan inklusivitas dengan lebaran trotoar serta rambu – rambu yang memadai. Perhatian kepada kaum penyandang disabilitas juga dikedepankan dalam konsep inklusif dengan pemberian paving taktil (guide line). Sehingga, dengan pembentukkan pedestrian yang kompleks akan menunjang aktivitas dan menghasilkan akses yang lebih mudah bagi pejalan kaki untuk menjangkau layanan transportasi umum.

Dari 52 Tim yang turut mengikuti ajang perlombaan bergengsi ini, Tim Impian Besuki Raya yang di ketuai oleh M. Sa’id Bukhori serta Bintang Rama Daffa dan Aurellia Faiza Gatari sebagai anggotanya mampu menembus menjadi 5 Tim Finalis yang menuju ke babak final pada tanggal 17 Februari 2024. Perlombaan diselenggarakan secara Luring berupa presentasi hasil dari Karya Tulis Ilmiah yang telah disusun sebelumnya namun karena keterbatasan dana Tim Impian Besuki Raya akhirnya melaksanakan presentasi secara daring melalui zoom meeting. Tim Impian Besuki Raya menjadi Tim pertama yang maju memaparkan hasil penulisan Karya Tulis Ilmiahnya dan berhasil membawa nama Universitas Jember sebagai juara I, dilanjutkan dengan Tim Kuda Salto dari Universitas Indonesia sebagai juara II dan Tim GeoSchal dari gabungan antara Universitas Indonesia dan Insitut Teknologi Bandung sebagai juara III.

Posted on: Maret 23, 2024, by :