PELATIHAN DRONE MAHASISWA PWK 2023

PELATIHAN DRONE MAHASISWA PWK 2023

Kegiatan pengayaan berupa penguatan kegiatan eksplorasi merupakan nilai tambah bagi lulusan Prodi PWK Fakultas Teknik  Universitas Jember, sebab seorang planner diharapkan tidak hanya teoritis melainkan juga mampu menerapkan ketrampilan pemetaan di bidang perencanaan, misalnya dengan menggunakan Drone. Meskipun di kurikulum sarjana Teknik PWK ada mata kuliah Pemetaan, namun diperlukan pengayaan lebih banyak dengan mendatangkan praktisi  pemetaan di  bidang  perencanaan, agar wawasan mahasiswa  lebih terbuka dan memperoleh gambaran lebih nyata mengenai dunia pemetaan di bidang perencanaan. Ketrampilan penggunaan Drone dimaksudkan untuk mempersiapkan dan menambah kemampuan dalam perkuliahan pemetaan sekaligus mempersiapkan lulusan yang mampu   mengoperasikan   Drone   dan   mengolah   datanya.   Sehingga   mahasiswa   akan memperoleh pengayaan sekaligus melakukan praktek pemetaan berbasis Drone.

Kompetisi  pekerjaan  perencana  kota  dan  wilayah  akan  dinilai  pada  ketrampilan pemetaan berbasis Drone. Penilaian ketrampilan pemetaan akan didasarkan pada hasil mapping  berbasis  digital  yang  menggunakan  Drone,  sedangkan  analisis  potensi  wilayah sangat diperlukan dalam mendukung mata kuliah studio.

Kegiatan keterampilan mengenai penggunaan Drone merupakan keterampilan tambahan yang bermanfaat di kemudian hari, sebab seorang planner merupakan bagian dari tenaga perencana   wilayah   dan   kota.   Keterampilan   ini   diharapkan   dapat   menjadi   dasar pengembangan Ketrampilan pemetaan wilayah, misalnya untuk pemetaan potensi wilayah dan kotapara mahasiswa yang telah memiliki keterampilan ini dapat membantu memberikan rekomendasi dalam merencanakan wilayah dan kota.

Tujuan kegiatan peningkatan ketrampilan pemetaan bertujuan membuka wawasan mahasiswa terhadap ketrampilan pemetaan secara digital berbasis Drone di bidang perencanaandan sebagai pengayaan mata kuliah pemetaan dan studio dengan mendatangkan praktisi  pemetaan  Drone  di  bidang  Perencanaan  Wilayah  dan  Kota,  sedangkan  kegiatan pelatihan pemetaan berbasis Drone bertujuan memberikan pengayaan keterampilan sebagai perencana bagi mahasiswa Prodi PWK Fakultas Teknik di Universitas Jember.

Peningkatan kompetensi mahasiswa dalam pemetaan akan dilakukan dengan pelatihan pemetaan Drone bagi mahasiswa dan dosen Prodi PWK Fakultas Teknik Universitas Jember. Pelatihan Pemetaan Berbasis Drone akan mendatangkan praktisi sekaligus pemegang izin Trainer Drone di Indonesia. Peserta dengan rincian mahasiswa berjumlah 30 orang dan tenaga pengajar serta teknisi di Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota. Kegiatan pelatihan berlangsung selama dua hari, dengan rincian di hari pertama berupa penjelasan materi mengenai Drone kemudian di hari kedua dilaksanakan praktik penggunaan drone dilapangan. Kegiatan ini wajib diikuti oleh peserta pelatihan. Penilaian akhir akan dilihat dari hasil project yang akan diberikan oleh trainer pada peserta pelatihan. Dengan mengikuti  semua  tahapan  ini,  diharapkan  peserta  akan  memiliki  gambaran  yang  utuh mengenai pemetaan berbasis Drone khususnya sebagai dasar dalam kuliah Survey dan Pemetaan dan Perencanaan wilayah.

Pelatihan dilakukan dengan metode indoor dan outdoor. Pelaksanaan indoor dilakukan untuk briefing sebelum melakukan praktek terjun ke lapangan. Sedangkan pelaksanaan outdoor dilalukan untuk praktek pengoperasian Drone secara keseluruhan. Dengan adanya kegiatan ini, peserta tidak hanya mampu memahami konsep Drone dan praktiknya, akan tetapi juga memberikan analisa spasial terhadap permasalahan yang nantinya diberikan.

 

Dokumentasi Pelatihan Drone 2023

Posted on: September 30, 2023, by :