Prestasi PWK : Tim Besuki Raya Raih Juara Pada Ajang National Planning Innovation Competition 2023

“We need to make every single thing accessible to every single person with a disability.” – Stevie Wonder

Tim Besuki Raya berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan menjadi juara 3 pada ajang National Planning Innovation Competition yang diselenggarakan oleh HMPWK Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Tim Besuki Raya beranggotakan enam mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember Angkatan 2020 diantaranya adalah Annisa Isnaini Rahmah, Lailatul Fitriah, M. Sa’id Bukhori, Mentari Tri Raihanisa, Erlita Maynanda Ayu, dan Janur Musyarrofah.

National Planning Innovation Competition mengangkat tema “Perencana Muda Untuk Indonesia: Transportasi Urat Nadi Ibu Pertiwi” dengan output karya berupa poster. Presentasi karya dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2023. Tim Besuki Raya menciptakan inovasi transportasi dengan judul JESI-Trans for Disability (JEmber incluSive publIc Transportation system for Disability). JESI-Trans for Disability merupakan suatu inovasi sistem transportasi terintegrasi yang ramah disabilitas dengan tujuan mewujudkan sistem transportasi yang inklusif dan dapat diakses bagi kaum disabilitas. JESI-Trans for Disability terdiri dari beberapa komponen yaitu:

  • Rencana pengadaan bus dalam kota yang didesain dengan sasis low entry agar memudahkan pengguna kursi roda untuk memasuki bus. Bus juga dilengkapi dengan ramp otomatis digunakan untuk memudahkan penumpang disabilitas menaiki atau turun dari bus tanpa bantuan orang lain.
  • Rencana inovasi halte bus yang dilengkapi dengan lean bar, ruang tunggu disabilitas, dan media audio visual sebagai sarana sistem informasi penumpang terkait jadwal bus. Informasi ini ditampilkan pada layar monitor dengan menggunakan bahasa isyarat untuk masyarakat tuna rungu.
  • Rencana pengembangan pedestrian way dengan konsep High Loop. Pedestrian high loop dimodifikasi dengan 3 warna garis pedestrian menurut fungsi pejalan kaki yang memiliki lebar 3 meter, dengan warna: hijau untuk jalur disabilitas, kuning untuk jalur regular, serta merah untuk berhenti. Kemudian pada jalur pedestrian juga dilengkapi dengan taktil dan chair loop.
  • Rencana Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang dilengkapi dengan lift bagi disabilitas.
  • Rencana pemberian zebra cross dilengkapi dengan audio visual dan taktil bagi disabilitas.

Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten yang memiliki peraturan perundang-undangan mengenai transportasi umum bagi disabilitas yaitu Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2016. Namun peraturan tersebut belum terealisasi dengan baik pada setiap transportasi umum dan perlengkapan jalan. Melihat jumlah dan tingkat tekanan stress yang dialami kaum disabilitas maka hal tersebut menjadi urgensi utama bagi Tim Besuki Raya dalam merencanakan inovasi ini. Tim Besuki Raya berharap JESI-Trans for Disability dapat menjawab permasalahan transportasi dan menjadi inspirasi bagi pemerintah dalam mengimplementasikan transportasi ramah disabilitas dan ruang terbuka publik dengan lebih baik lagi.

Juara 3 NPIC

Posted on: Agustus 14, 2023, by :