IMPROVE YOUR SKILLS TO BE A PROFESSIONAL YOUNG PLANNER

Public speaking adalah kemampuan komunikasi yang penting, tidak hanya untuk karier, tetapi juga didalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa akan mengalami momen di mana harus berbicara di depan umum. Misalnya, melaksanakan presentasi di depan kelas, memimpin rapat, presentasi di depan tim atau klien, dan lainnya. Dengan kemampuan public speaking yang baik, mahasiswa dapat menyampaikan gagasan, ide, informasi atau hal lainnya dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga akan lebih percaya diri, bisa memimpin orang lain, dan memengaruhi orang lain. Kemampuan public speaking juga dapat memperluas networking. Ketika berbicara di depan umum dengan baik, orang lain bisa menjadi kagum dan ingin berbicara. Hal ini dapat menjadi kesempatan baik untuk membangun relasi baru dan membuka berbagai peluang. Misalnya membangun bisnis bersama dan berkolaborasi pada project tertentu.

Seorang public speaker membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi, penguasaan materi dan dapat berkomunikasi dengan baik. Oleh sebab itu, orang-orang yang menguasai skill ini umumnya dianggap ahli dalam menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Dalam dunia kerja, public speaking akan membuat orang terlihat lebih profesional. Hal itu tentu akan membawa dampak positif, baik dari atasan, klien maupun kolega. Manfaat Public Speaking Berikut beberapa manfaat yang didapatkan jika menguasai skill public speaking diantaranya: 1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Public speaking akan membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri. Di mana, rasa percaya diri yang prima tidak hanya diperlukan untuk berbicara di depan khalayak umum. Rasa percaya diri juga sangat diperlukan ketika Anda sedang berbicara dengan satu orang saja. Misalnya, Anda harus bertemu salah satu calon investor atau manajer yang dapat membantu usaha atau karier Anda. Saat itu, kepercayaan diri adalah hal utama dalam public speaking. Semakin sering mempelajarinya, Anda dapat memupuk rasa percaya diri. 2. Menumbuhkan Leadership Bagi seorang manajer, salah satu tugas utamanya yakni berbicara di hadapan bawahannya, entah itu saat meeting, presentasi proyek, atau hal-hal lainnya. Public speaking memegang peran penting untuk membantu seorang manajer dapat mengontrol dirinya dan membawakan materi atau informasi dengan jelas kepada bawahannya. Di sisi lain, kemampuan ini juga membantu untuk mengayomi bawahanmu. Hal tersebut tentu perlahan-lahan akan menumbuhkan sifat leadership dalam diri seseorang.

Manfaat lainnya adalah menyampaikan ide atau pendapat dengan lancar. Mengutip Skills You Need, berbicara di depan umum adalah salah satu cara terbaik untuk menyampaikan ide atau pendapat. Sering kali mahasiswa merasa ragu atau bahkan tidak percaya diri mengemukakan sesuatu, terutama saat rapat. Hal itu adalah salah satu hal yang harus dihindari jika ingin menapaki jenjang karier yang bagus. Melalui kemampuan public speaking, mahasiswa dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kemampuan ini akan membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri, termasuk saat ingin menyampaikan ide atau pendapat. Ketika sudah berhasil menyampaikan ide atau pendapat dengan baik, bisa jadi akan dianggap sebagai orang yang berkompeten. Menguasai Perhatian Audiens Hal lain yang tidak kalah penting dan juga dibutuhkan dalam public speaking adalah kemampuan berbicara atau berkomunikasi yang baik. Hal yang termasuk kemampuan berkomunikasi ini adalah cara bicara, pemilihan kata atau kalimat yang tepat, sampai menggunakan bahasa tubuh yang sesuai. Gaya berbicara dan pemi  lihan kata yang tepat bisa membantu diri sendiri untuk maju.  Manfaat terakhir adalah dapat menambah nilai. Seorang Steve Jobs tidak akan menjadi populer dan produknya tidak akan mendunia seperti sekarang, jika semasa hidupnya tidak memiliki kemampuan public speaking. Berbekal kemampuan tersebut, Jobs dapat mempresentasikan produk-produknya dengan sangat baik, sehingga orang merasa perlu untuk memilikinya.

Memilih kata atau kalimat yang tepat untuk diucapkan memang tidak mudah. Hal itu akan membuat otak kita bekerja lebih aktif. Secara tidak langsung, hal itu akan merangsang otak kita untuk berpikir lebih kritis. Jika kita mampu untuk berpikir kritis, kita tentu tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri. Bahkan, kita bisa berpikir untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

Posted on: Juni 28, 2023, by :