KULIAH TAMU DARING “PERANCANGAN WISATA EDUKASI SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BUATAN DENGAN KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI”

KULIAH TAMU : PERANCANGAN WISATA EDUKASI SEBAGAI DAYA TARIK WISATA BUATAN DENGAN KONSEP TEKNOLOGI INFORMASI

Kuliah tamu yang diadakan oleh Prodi PWK UNEJ, diselenggarakan dengan metode hybrid yaitu secara luring dan daring. Acara ini mengangkat terkait pembangunan kepariwisataan dengan menanfaat teknologi yang dapat meningkatkan daya tarik wisata. Pemateri merupakan seorang Arsitek dengan banyak pengalaman terkait wisata dengan teknologi, beliau bernama Bapak Fajar Trang Bawono, ST., dengan berbagai hasil karya yang telah terbukti dapat meningkaatkan pembangunan wisata buatan dengan memanfaat teknologi, seperti Jatim Park 1,2,3, BNS, Eco GHreen Park, Museum Angkut, Milenial GLow Garden, hingga Batu Love Garden.

 

Pembangunan pariwisata pada saat ini khususnya di daerah, diarahkan pada peningkatan pariwisata untuk menggalakkan kegiatan ekonomi, lapangan kerja, pendapatan masyarakat, serta penerimaan daerah yang meningkat melalui upaya pengembangan dan pendayagunaan berbagai potensi kepariwisataan yang dimiliki daerah tersebut. Pariwisata saat ini menjadi salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia, berbagai cara pengembangan dan pembangunan di sektor pariwisata ini diharapkan dapat terus tumbuh agar dapat meningkatkan perekonomian dengan kegiatan pariwisata. Setiap kabupaten dan kota berlomba-lomba memperbaiki sektor pariwisata dengan meningkatkan daya tarik wisata pada setiap destinasi di wilayahnya. Teknologi Informasi telah mengubah pariwisata secara global khususnya pada era 4.0. Rekayasa ulang yang didorong oleh teknologi telah secara bertahap menghasilkan pergeseran paradigma baru, mengubah struktur industri dan mengembangkan berbagai peluang dan ancaman.

Seiring dengan pesatnya era digital di seluruh belahan dunia, maka kemajuan ekonomi di Indonesia mendapat dukungan dari suksesi sektor Teknologi Informasi. Melihat potensi tersebut, sudah seharusnya industri pariwisata di Indonesia memanfaatkan Teknologi Informasi dengan strategi digital marketing untuk promosi pariwisata nya, manajemen inovatif untuk terus menerus meninjau perkembangan dan mengadopsi solusi teknologi yang sesuai untuk memaksimalkan daya saing destinasi. Konsep pariwisata yang memanfaatkan Teknologi Informasi ini akan menjadi peluang bagi kemajuan pariwisata di Indonesia. Bermacam – macam wisata diantaranya wisata buatan yang menjadi sarana edukasi bagi wisatawan. Maka dari itu perlu adanya konsep terkait wisata buatan.

Posted on: Desember 4, 2022, by :