Juara 1 “Best Presenter” pada Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT) XXV Tahun 2022

Mahasiswa PWK UNEJ menorehkan prestasi: Juara 1 “Best Presenter” pada Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT) XXV Tahun 2022

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember kembali beraksi dan menunjukkan prestasinya dengan meraih Juara 1 “Best Presenter” di acara Simposium FSTPT XXV yang diselenggarakan di Bali pada tanggal 25 dan 26 November 2022.

Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT) merupakan sebuah forum atau platform nasional maupun internasional dimana mahasiswa, akademisi, peneliti hingga pemangku kepentingan (stakeholder) di Indonesia berinteraksi, bertukar pikiran, dan menawarkan gagasan atau ide dalam upaya mengembangkan sektor transportasi di Indonesia. Secara rutin setiap tahunnya, FSTPT menyelenggarakan serangkaian kegiatan baik nasional maupun internasional secara bergantian di Perguruan Tinggi di Indonesia, dimana pada tahun 2022 ini diselenggarakan di Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali dengan tema “Penguatan Konektivitas Dan Integrasi Transportasi Untuk Pemulihan Peningkatan Pariwisata Dan Ekonomi Nasional” dan merupakan acara nasional. Acara yang diselenggarakan terdiri dari kegiatan workshop pada tanggal 25 November dan kegiatan puncaknya, yaitu Simposium FSTPT XXV, di esok harinya. Kegiatan FSTPT ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa, akademisi dan peneliti untuk menampilkan papernya yang berkaitan tentang isu – isu transportasi. Dan untuk tahun ini, isu-isu yang diangkat terbagi menjadi 16 sub tema.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember, Moch. Aditya Yogatama dengan judul paper “Persepsi Masyarakat Terhadap Rencana Kebijakan Reaktivasi Jalur Kereta Api Lintas Klakah – Lumajang – Pasirian” yang termasuk pada sub tema “Railway Transport, dan Callista Angelina dengan judul paper “Walkability Index Jalur Pejalan Kaki Koridor Komersial di Perkotaan Jember” yang termasuk pada sub tema “Resilience and Sustainable Transport. Kedua mahasiswa tersebut juga telah dibimbing oleh Ir. Sonya Sulistyono, S.T., M.T., IPM, Dr. Rr. Dewi Junita Koesoemawati, dan Ratih Novi Listyawati, S.T., M. Eng. dan topik yang digunakan merupakan bagian dari pembahasan skripsi para mahasiswa tersebut. Terdapat reward bagi mahasiswa yang telah berhasil mengajukan paper dengan menggunakan skripsinya sebagai topik pembahasan dan mempresentasikannya pada Simposium FSTPT, yaitu dalam bentuk pembebasan dari Seminar Hasil (Semhas).

Keseluruhan paper yang lolos pada Simposium FSTPT XXV telah melewati berbagai macam proses, mulai dari submit paper, diikuti dengan proses review yang cukup ketat dari panitia, proses revisi paper, proses submit hasil revisi, pengumuman penerimaan paper, dan submit ppt. Seluruh proses ini berlangsung mulai dari bulan Juni hingga Oktober 2022. Setelah lolos, paper kemudian dipresentasikan secara offline pada saat acara simposium berlangsung. Paper yang tidak dipresentasikan akan dibatalkan dan tidak dipublikasikan.

Proses presentasi dimulai dengan pembagian menjadi kelas berdasarkan tema paper dan setiap kelas didampingi oleh juri yang akan menilai para presenter untuk menentukan siapa yang layak mendapatkan gelar “Best Presenter”. Pemberian gelar “Best Presenter” terdiri dari empat kategori, yakni Best Presenter untuk Doctoral (S3), Magister (S2), Undergraduate (S1) dan Vocation (D3). Masing-masing kategori tersebut memiliki tingkat kejuaraan mulai dari Juara 1 hingga Juara 3.

Salah satu dari mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember, yaitu Callista Angelina, telah berhasil meraih Juara 1 “Best Presenter pada kategori Undergraduate. Selain itu, bersama dengan Moch. Aditya Yogatama, keduanya telah dibebastugaskan dari Seminar Hasil sebagai reward telah mempresentasikan topik skripsi mereka di forum nasional ini. Setelah pengumuman kejuaraan “Best Presenter” dari keempat kategori, Simposium FSTPT XXV Tahun 2022 di Poltrada Bali resmi ditutup. Kegiatan FSTPT XXVI Tahun 2023 nantinya akan diadakan kembali di Bandung, Jawa Barat dengan mengusung tema yang berbeda. Semoga dengan adanya prestasi ini dapat memberikan semangat yang membara bagi para mahasiswa untuk dapat menorehkan prestasi, PWK JAYA!

Posted on: Desember 4, 2022, by :