JUARA I LOMBA ARTIKEL ILMIAH NASIONAL PLANOFACE 5.0 TAHUN 2022

TIM PWK UNEJ JUARA I LOMBA ARTIKEL ILMIAH NASIONAL PLANOFACE 5.0 TAHUN 2022

Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember pada tanggal 12 April 2022 memperoleh penghargaan atas prestasinya dalam Lomba Artikel Ilmiah Nasional Planoface 5.0 dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Isu Global Guna Mewujudkan Perencanaan yang Berkelanjutan” yang diselenggarakan oleh Universitas Bosowa, Kota Makasar sebagai juara satu (1) tingkat nasional.

Tim yang beranggotakan Febrina Nur Rahmi Briliana, Muhammad Fakhraen Fasya Mandala, dan Khumairotun Nisa dalam bimbingan Ibu Ratih Novi Listyawati, S.T., M.Eng. berhasil lolos pada tahap presentasi final bersama dengan satu (1) tim lainnya dari Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Maret 2022.

Lomba Artikel Ilmiah Nasional Planoface 5.0 Universitas Bosowa, Kota Makasar merupakan lomba artikel ilmiah yang berlangsung selama kurang lebih dua setengah bulan dimulai dari pendaftaran tanggal 31 Januari 2022 hingga pengumuman pemenang tanggal 12 April 2022. Salah satu tujuan dari Lomba Artikel Ilmiah Nasional Planoface 5.0 adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis terhadap permasalahan-permasalahan lingkungan hidup dan pembangunan yang ada di Indonesia. Dari tema yang sudah ditetntuan Tim PWK UNEJ mengusulkan ide “Pemodelan Nilai Ekonomi Lahan Menggunakan Teknik Analisa Spasial Sebagai Dasar Penentuan Lokasi Retail” dengan sub tema yang dipilih adalah “Ekonomi Spasial”.

Isu yang diangkat oleh tim yg diketuai oleh Febrina adalah adanya potensi besar lokasi penelitian akan mengalami pengembangan yang pesat. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut memiliki daya tarik wisata yang sangat besar. Untuk mempersiapkan hal tersebut maka dibutuhkan analisa yang tepat untuk mengoptimalkan pemanfaatan ruang untuk kesejahteraan masyarakat lokal dan melindungi nilai dari peninggalan kerajaan majapahit. Namun, analisa lokasi untuk kegiatan perdagangan dan jasa belum diatur didalam pedoman penyusunan dokumen perencanaan. Secara sederhana teori lokasi perdagangan dan jasa dipengaruhi oleh aksesibilitas dan tarikan kawasan. Maka dari itu, tim ini mencoba memodelkan nilai lahan secara spasial dengan menggunakan dua faktor dasar yaitu aksesibilitas dan tarikan agar menjadi dasar dalam merencanakan lokasi kegiatan perdagangan dan jasa. Lalu, dengan memfokuskan sasaran sebagai masyarakat lokal. Jenis kegiatan perdagangan dan jasa yang diambil adalah retail.

Seleksi perlombaan terdiri dari dua tahap, yaitu seleksi naskah artikel ilmiah dan seleksi presentasi artikel ilmiah final untuk 6 finalis. Tim dari Perencanaan Wilayah dan Kota berhasil melakukan presentasi dan menjawab pertanyaan dari juri dengan lancar dan baik sehingga mendapat komentar positif dari ketiga juri saat presentasi final. Berdasarkan komentar positif dari juri, isi artikel ilmiah yang diangkat merupakan ide yang sangat baik dan memungkinkan untuk diterapkan sehingga dapat berdampak kedepannya.

 

 

Posted on: Juni 10, 2022, by :