JUARA II LOMBA INOVASI PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN DESA DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2022

JUARA II LOMBA INOVASI PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN DESA DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2022

Mahasiswa Prodi PWK Universitas Jember kembali menorehkan prestasi nya pada Lomba Inovasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Desa Tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai ajang perlombaan nasional. Lomba ini diikuti oleh 294 tim dari 20 provinsi dengan pembagian 12 tema. Tim PWK UNEJ Angkatan 2019, dengan ketua tim Rahma Harum Oktaviana dan tim anggota diantaranya; Sulistiana, Aldafa Hestu Ragil Putri, Febrina Nur Rahmi Briliana, dan Muhammad Fakhraen Fasya Mandala, yang mengusulkan ide Pemberdayaan Desa, dengan bimbingan Dosen PWK UNEJ ibu Ir. Rindang Alfiah, S.T., M.T.

Pengusulan ide dari tim berjudul “SMR (SMART MITIGATION RISK) : PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA WONOASRI BERBASIS APLIKASI SEBAGAI UPAYA PERCEPATAN PEMULIHAN PASCA BENCANA” dengan mengangkat isu pada daerah rawan bencana luapan yang terjadi secara menahun di Desa Wonoasri. Latar belakang dari ide TIM PWK UNEJ yaitu dibutuhkan upaya pendataan dan peningkatan kemampuan analisa sumber daya desa yang terdampak pasca bencana agar terbentuk kemampuan resiliensi yang mendorong percepatan pemulihan ekonomi desa khususnya di Desa Wonoasri.

Tahapan perlombaan ini terdiri dari tahap seleksi berkas, tahap seleksi proposal, tahap final (presentasi), dan pengumuman juara. Pada tahap seleksi berkas, TIM PWK UNEJ bersaing dengan 210 tim lainnya yang lolos seleksi tahap 1. Kemudian pada tahap seleksi proposal, TIM PWK UNEJ berhasil terpilih menjadi 1 dari 5 tim unggulan yang maju ke tahap final. Sebelum memasuki tahap final, seluruh tim terpilih mengikuti technical meeting yang diadakan secara daring oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta. Pada tanggal 19 Maret 2022, TIM PWK UNEJ melakukan sesi presentasi dan tanya jawab melalui zoom meeting bersama dengan 3 juri dengan baik dan lancar sehingga dapat menarik perhatian dewan juri. Presentasi berlangsung selama 10 menit dan waktu tanya jawab adalah 15 menit. Pasca presentasi, pengumuman dilakukan pada zoom meeting yang sama di malam hari yakni pukul 22.00. Adapun pengumuman pemenang ditonton oleh seluruh finalis LIP3D ini. TIM PWK UNEJ berhasil meraih juara 2 dalam tema Mitigasi Bencana.

Posted on: Mei 9, 2022, by :