Workshop Vissim Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember

By Mirtha Firmansyah

Workshop Simulasi Mikro Dalam Rekayasa Lalu Lintas dengan PTV Vissim merupakan acara yang dilakukan oleh Jurusan Teknik Sipil dalam rangka meningkatkan keterampilan dalam bidang Transportasi. Workshop diselenggarakan dengan berkerjasama dengan Transforum.  Acara diselenggarakan pada tanggal 13 – 14 April  2019 Gedung Pascasarjana Universitas Jember. Acara dibuka oleh dosen Teknik SIpil pak Sonya Sulistyono S.T , M.T.  Materi diberikan oleh SIgit W Prasetya yang merupakan Founder and Director Transforum.  Dosen yang hadir dalam workshop Pak willy Kriswardhana, Pak Mirtha Firmansyah, dan Pak Akhmad Hasanuddin. Pelaksanaan workshop berlangsung selama 2 hari dimulai dari pagi hari pukul 08.00 WIB hingga sore hari pukul 17.00 WIB. Materi yang diberikan di workshop Simulasi Mikro dalam Rekayasa Lalu Lintas dengan PTV Vissim mengenai :

  1. Prosedur dan kerangka kerja PT Vissim
  2. Simulasi Lalu Lintas persimpangan tak sebidang
  3. Integrasi pejalan kaki dengan angkutan umum dan jalan raya

Metode pemodelan dan simulasi adalah elemen penting dalam analisis perencanaan dan operasional sistem transportasi. Metode ini umumnya berbasis rangkaian formula matematika yang menunjukkan aktifitas pergerakan manusia dan barang, guna menghasilkan prediksi terhadap kemungkinan pola pergerakan, kinerja jaringan jalan dan simpang pada masa mendatang.

Kegiatan workshop diikuti oleh sekitar 50 orang mahasiswa yang terdiri dari beberapa prodi. Yang didapatkan oleh mahasiswa dari workshop ini adaah sertifikat, software dan materi PT VIssim. Workshop Simulasi Mikro dalam Rekayasa Lalu Lintas dengan PTV Vissim selesai pada sore hari yang ditutup oleh Dosen Teknik pak Sonya Sulistyono S.T, M.T. Penutupan workshop diakhiri dengan Foto bersama.

 

 

Posted on: August 30, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *