SOSIALISASI HASIL STUDIO PERANCANGAN KORIDOR SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

By Ivan

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu visi dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pengabdian masyarakat adalah salah satu tri dharma sebagai bentuk eksistensi kampus. Pada tanggal 18 juli 2019 Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UNEJ melakukan sosialisasi produk RTBL (perancangan koridor) hasil mata kuliah studio I oleh mahasiswa PWK angkatan 2017. Sasaran sosialisasi adalah Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Jember.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah turut andilnya prodi PWK UNEJ dalam sumbangsih pikiran dalam pengembangan wilayah perkotaan terutama Kabupaten Jember. Niat baik ini disambut baik oleh ibu Evi Eka Nurcahyanti, ST selaku kasi pengawasan dan pengendalian pemanfaatan ruang.

Kegiatan dihadiri oleh beberapa instansi terkait yakni BAPPEDA, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas lingkungan hidup dan beberaoa OPD yang terkait dengan penataan ruang koridor perkotaan.

Dari hasil kegiatan sosialisasi dirumuskan beberapa masukan terkait potensi dan permasalahan koridor perkotaan Jl Gajah Mada, Sultan Agung, dan Alun – Alun sebagai wilayah studi telah disampaikan oleh tim mahasiswa penyusun produk RTBL. Poin penting yang disampaikan adalah terkait :

  1. Kondisi sektor informal yang belum tertata
  2. kurang optimalnya fungsi dan beberapa kondisi drainase yang berlubang
  3. kondisi lahan parkir yang kurang memadai
  4. langgam dan kondisi pedestrian way
  5. serta upaya pembentukan citra kota

Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini sangat disambut baik oleh pihak pemerintah Kabupaten Jember. Dengan adanya sumbangsih pikiran yang aktif dari institusi pendidikan diharapkan akan terwujud perencanaan dan perancangan kota yang baik di Kabupaten Jember.

Posted on: August 8, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *