Pengalaman Mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota dalam melakukan Kerja Praktik

Pengalaman Mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota dalam melakukan Kerja Praktik

Dalam rangka menyelesaikan perkuliahan  mahasiswa akan mengalami berbagai permasalahan tidak terlepas ketika melakukan kerja praktek. kali ini kita akan membahas permasalahan kerja praktek dengan mewawancarai mahasiswa yang telah melakukan kerja praktek.

Bagus Darmawan yang telah melakukan Kerja Praktek dengan Judul Proyek Kerja Praktek: Sinkronisasi Dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RTDR) Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Proyek dilakukan di Provinsi Bali dengan waktu selama 2 bulan. Berikut hasil wawancara dari pengalaman kerja praktek :

  1. Bagaimana pengalaman KP?

Pengalaman KP bagi kami cukup menarik disamping sebagai media dalam implementasi keilmuan yang didapat selama perkuliahan, juga sebagai media dalam mencari pengalaman baru bagaimana untuk survive di dunia kerja, dalam hal ini di konsultan/ tenaga ahli professional.

  1. Apa landasan proyek dalam kerja praktek dilakukan?

Penyusunan materi teknis dan perda RDTR Kecamatan tampaksiring Kabupaten Gianyar yang dilakukan pada tahun 2015 perlu di perbarui seiring dengan semakin masivnya perkembangan wilayah Kecamatan Tampaksiring dan didukung dengan adanya pedoman terbaru dalam penyusunan RDTR yaitu Permen ATR no. 16 tahun 2018.

  1. Apa perbedaan pengerjaan RDTR di pekerjaan dan RDTR di perkuliahan?

Perbedaan antara pengerjaan RDTR di pekerjaan dengan RDTR di perkuliahan yaitu terletak pada manajemen pekerjaan, yaitu pengerjaan proyek yang dituntut lebih disiplin dan bekerja secara professional.

  1. Apa kendala yang dihadapi dalam pengerjaan RDTR selama kerja praktik?

Kendala yang praktikan alami selama pelaksanaan kerja praktik yaitu terbatasnya data yang digunakan dalam penyusunan laporan, sehingga praktikan harus mengoptimalisasi data yang tersedia serta tidak adanya survei primer oleh pihak konsultan yang dirasa sangat penting dalam mengoverview kawasan

  1. Apa hal unik yang ada dalam pengerjaan RDTR selama kerja praktik?

Seperti yang kita ketahui bahwa kabupaten Gianyar yang termasuk dalam provinsi bali merupakan wilayah yang kental terhadap sosio kulturnya, sehingga dalam proses penyusunan RDTR ini harus memfasilitasi dari kegiatan adat  istiadat yang ada di Tampaksiring, seperti contoh yaitu lokasi Setre (tempak pelaksanaan ngaben) yang harus tertuang dalam RDTR, yang tentunya tidak ada dalam RDTR provinsi lainnya.

  1. Apa kesan dan pesan atau tips bagi mahasiswa yang akan melakukan kerja praktik berikutnya?

Kepada calon praktikan yang akan menempuh kerja praktik diharapkan dapat menimba ilmu semaksimal mungkin karena tempat KP merupakan gudang ilmu yang tidak akan didapat di perkuliahan, so jangan di sia-siakan kesempatan emas tersebut.

 

Jadi seperti itu pengalaman yang didapat dari bagus darmawan terkait pengalaman Kerja Praktek yang dilakukan di Provinsi bali. Semoga bermanfaat

 

 

Mirtha Firmansyah

Posted on: May 31, 2020, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *