Open Talk  Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota kepada Mahasiswa Baru tahun ajaran 2020

Masa perkenalan kampus adalah masa dimana mahasiswa baru masuk dalam kegiatan awal universitas. Diharapkan dengan perkenalan yang dilakukan pihak kampus bisa membuat mahasiswa baru lebih siap dalam menghadapi dinamika kampus yang berbeda disbanding dinamika Ketika sekolah menengah atas. Dalam pelaksanaan pembelajaran ada beberapa hal yang harus diperkenalkan dalam mahasiswa baru terutama dalam kondisi pandemic covid-19 saat ini. Pengetahuan yang wajib diketahui mahasiswa dalam pembelajaran atau kuliah online adalah bagaimana menggunakan infrastruktur teknologi. Mulai dari cara absensi, upload tugas, alat  bimbingan akademik, bimbingan jika ada masalah, aplikasi pemebalajaran Big Blue Button sampai dengan software yang digunakan untuk mata kuliah. Big Blue Button merupakan aplikasi pertemuan online yang dimiliki oleh universitas Jember. Untuk memberikan pengetahuan pengetahuan tersebut, universitas jember mengadakan kegiatan perkenalan kepada mahasiswa baru yang masuk pada tahun 2020. Selain kegiatan perkenalan di tingkat universitas, kegiatan perkenalan dilakukan pada tingkat jurusan dan program studi masing masing fakultas.

Pada tanggal 18 september program studi perencanaan wilayah dan kota jurusan Teknik sipil universitas Jember melakukan kegiatan Open Talk untuk mahasiswa baru tahun 2020. Pelaksanaan Open Talk dilakukan tidak secara langsung. Open talk kali ini diadakan dengan menggunakan bantuan aplikasi zoom. Open talk ini diadakan sebagai perkenalan mahasiswa baru kepada dosen dosen yang ada di jurusan Teknik Sipil Universitas Jember. Acara open talk diikuti kurang lebih 400 orang di aplikasi zoom. Acara open talk dibuka oleh kepala jurusan Teknik Sipil Pak Dr. Gusfan Halik S.T.,M.T dan diikuti materi dari masing masing ketua program studi di jurusan Teknik sipil Universitas Jember. Jurusan Teknik sipil terdiri dari program studi Teknik sipil, Teknik lingkungan, D3 Teknik Sipil, pertambangan , perencanaan wilayah dan kota. Masing masing ketua program studi memberikan materi pengenalan terkait program studi mereka.

Bu Nunung Nuring Hayati S.T.,M.T. selaku ketua program studi perencanaan wilayah dan kota universitas jember memberikan materi dalam open talk. Materi bu Nunung dimulai dari dari perkenalan profil program studi perencanaan wilayah dan kota. Profil program studi dimulai dari visi misi danpenjelasan tentang profil pengajar yang ada. Setelah membahas profil program studi bu Nunung memberikan penjelasan mengenai keilmuan perencanaan wilayah dan kota. Program studi perencanaan wilayah dan kota universitas Jember memiliki kekhususan yakni perencanaan wilayah pertanian industrial. Keilmuan perencanaan wilayah dan kota memiliki perbedaan dengan arsitek, Teknik sipil dan Teknik geografi. Tantangan kegiatan perencanaan wilayah dan kota saat ini menurut Bu Nunung adalah bagaimana cara kita membawa kota di masa depan. Kondisi kota di masa depan dibangun atas pemahaman manusia yang ada saat ini. Konsep pembangunan kota disepakati bersama sama oleh masyarakat dan pemerintah.

 

 

Posted on: September 25, 2020, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *