Kuliah tamu “Pengembangan Smart City (Menuju Pembangunan Kota Yang Cerdas Dan Berkelanjutan)”

Pada hari Selasa, 3 Oktober 2017 Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota menyelenggarakan kuliah umum mengenai “Pengembangan Smart City (Menuju Pembangunan Kota Yang Cerdas Dan Berkelanjutan)”. Kuliah tamu diselenggarakan terkait kebutuhan mahasiswa dalam melihat dinamika pengelolaan teknologi informasi menjadi alat sinergi untuk manajemen dan pembangunan kota di Indonesia.Dalam kuliah tamu kali ini, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota menghadirkan bapak Dr Ir Budi Sugiarto Waloejo MSP selaku pembicara dan sekaligus dosen Universitas Brawijaya pakar yang berpengalaman dalam implementasi pengembangan Smart City di Kota Malang.

Dalam kuliah ini, bapak Dr Ir Budi Sugiarto Waloejo MSP memberikan penjelasan mengenai Konsep Smart City, latar belakang yang membentuk konsep, prinsip-prinsip yang diperlukan untuk membangun smart city. Selain itu Pak Budi memberikan penjelasan mengenai dinamika implementasi konsep Smart City yang terjadi dalam berbagai kota di Indonesia. Ada kota yang berhasil menerapkan namun ada juga yang kurang optimal dalam mengembangkan konsep smart city. Pengalaman menerapkan smart city di kota malang juga menjadi pembelajaran bagi dirinya dan juga info yang berharga bagi mahasiswa yang hadir.

Peserta kuliah yang hadir dalam kali ini tediri dari 60 mahasiswa dan 15 dosen program studi Perencanaan Wilayah dan Kota dan dari Jurusan Teknik Sipil. Peserta sangat antusias dan menyimak dengan baik penjelasan yang dibawakan bapak Dr Ir Budi Sugiarto Waloejo MSP. Hal ini terbukti dengan keaktifan para peserta/makasiswa dalam bertanya kepada narasumber pada sesi Tanya jawab.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh IbuDewi selaku Ketua Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UniversitasJember.  Kuliah tamu ini merupakan bentuk keseriusan dari Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada dinamika permasalahan dan kemajuan jaman yang sesuai dengan Motto Universitas Jember yaitu Tradition Of Exellence.

Posted on: December 22, 2017, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *