Kuliah tamu “Peluang dan Tantangan Keprofesian Perencanaan WIlayah dan Kota di Indonesia”

Profesi Perencana merupakan profesi yang dinamis yang terus berkembang menyesuaikan kemajuan jaman. Sebagai perencana kita harus  membuat perencanaan yang berorientasi kedepan. Itulah pesan yang disampaikan dalam materi kuliah tamu Peluang dan Tantangan Keprofesian Perencnaan Wilayah dan Kota. Kuliah tamu dilaksanakan pada hari Rabu 22 November 2017 dan menghadirkan Sentot Darminto S.T. selaku pembicara dan sekaligus perwakilan dari IAP (Ikatan Ahli Perencana) yang telah lama  menjadi praktisi ilmu perencanaan wilayah dan kota.

Kegiatan dibuka oleh Bapak  Sumardi, ST., MT. sebagai wakil Dekan III Fakultas Teknik Universitas Jember pada pukul 12.30 di gedung LP3M Universitas Jember. Materi dimuai membahas keterampilan yang harus dimuliki oleh seorang perencana. Salah satu kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan keseimbangan kompetensi teknik, kreatifitas, dan pragmatisme. Menurut pak Sentot, profesi perncana banyak dibutuhkan dalam berbagai kajian di dalam instansi pemerintahan. Terdapat 35 provinsi, 416 kabupaten, 98 kota membutuhkan planner setiap dinasnya. Sedangkan peluang dalam sektor swasta seperti bidang property dan kontraktor. Tantangan terbesar profesi perencana salah satunya adalah masuknya perencana luar negeri dan tekanan politik dan kepentingan lain lainnya. Sebagai perwakilan dari IAP (Ikatan Ahli Perencana), pak Sentot memberikan nilai penting bahwa sertifikat keahlian dipergunakan sebagai pertanggungjawaban dalam pengerjaan proyek. Dalam pengerjaan proyek tata ruang para perencana harus memiliki tidak hanya sekedar ijasah sebagai bukti pengakuan professional.

Peserta kuliah yang hadir dalam kali ini tediri dari 60 mahasiswa dan 5 dosen program studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Peserta sangat antusias dan menyimak dengan baik penjelasan yang dibawakan Bapak Sentot Darminto S.T. Kegiatan ini ditutup oleh pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh Ibu Dr. Dewi Junita Koesoemawati, ST., MT. selaku Ketua Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember.  Kuliah tamu merupakan pengenalan bagi mahasiswa untuk melihat prospek kedepan profesi perencana yang banyak dibutuhkan.

Posted on: January 3, 2018, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *