Program MBKM

Dunia saat ini mengalami perubahan besar khususnya di bidang industry, dengan adanya era industri 4.0 menjadikan persaingan sangat ketat khususnya terkait tentang inovasi. Perguruan tinggi dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut.

Adaptasi pada era industri 4.0 diwujudkan dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh kemendikbud Nadiem Makarim pada tahun 2020. Tujuan dari progam ini adalah mendorong dunia pendidikan untuk menyesuaikan kurikulum, serta peningkatan kompetensi baik untuk dosen maupun mahasiswa agar memiliki kompetensi / kebutuhan yang diperlukan oleh dunia industry pada saat ini.

Kecepatan adaptasi terhadap perubahan perubahan, era disrupsi dan Agile merupakan kata kunci dari Industri 4.0, sehingga perguruan tinggi juga harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini yang cenderung Hypercompetitive, artinya tingkat persaingan khususnya untuk lulusan perguruan tinggi sangat ketat sehingga diperlukan soft skill dan hard skill yang dapat menunjang kompetensi calon lulusan agar memiliki daya saing dibutuhkan oleh dunia industry

Kegiatan yang ada dalam progam MBKM adalah sebagai berikut :

  1. Pertukaran pelajar
  2. Magang / Praktek Kerja
  3. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
  4. Penelitian / Riset
  5. Proyek Kemanusiaan
  6. Kegiatan Wirausaha
  7. Studi Proyek Independen
  8. Membangun Desa / Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT)

Gambar Kegiatan dalam Program MBKM

Untuk Informasi Selengkapnya dapat mengunduh panduan kegiatan MBKM pada link berikut (Panduan Program MBKM Kemendikbud)

 

Universitas Jember membuka program Pertukaran Mahasiswa Merdeka DN, untuk informasinya dapat dilihat pada link dibawah

Untuk panduan dapat dilihat pada link dibawah ini