FORUM DISKUSI MAHASISWA OPEN TALK #2: Discussion and Evaluation to Improve Self-Development for The Better Future of Planology Community

Jember, 20 Agustus 2024 – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengalaman belajar di perguruan tinggi, diperlukan evaluasi yang terbuka dan berkelanjutan terhadap proses perkuliahan. Evaluasi dilaksanakan untuk memastikan bahwa metode pengajaran, materi kuliah, dan interaksi antara dosen dengan mahasiswa dapat berjalan secara efektif untuk memenuhi kebutuhan akademis serta membangun sikap profesional mahasiswa. Program Kerja Open Talk #2 merupakan talk show kolaboratif antara mahasiswa dengan dosen yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan program studi. Melalui Open Talk #2, mahasiswa dapat menyampaikan pengalaman selama satu semester, baik dalam segi kesulitan yang dihadapi, materi yang disampaikan, hingga metode pengajaran yang digunakan oleh dosen terkait. Dosen juga dapat menjelaskan tujuan dan metode pengajaran yang diterapkan, serta mendapatkan masukan secara langsung dari mahasiswa.

Kegiatan Open Talk #2 memiliki tema “Discussion and Evaluation to Improve Self-Development for The Better Future of Planology Community” dimana pengambilan tema ini dimaksudkan agar forum diskusi ini berfokus pada peningkatan pengembangan kegiatan pembelajaran untuk masa depan program studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember lebih baik lagi. Kegiatan Open Talk #2 dilaksanakan dalam bentuk forum diskusi yang dipimpin oleh pembawa acara. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari ketua pelaksana, ketua himpunan, dan Ketua Program Studi PWK UNEJ. Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian materi oleh dosen, dan dilanjutkan dengan tanya jawab dari Mahasiswa PWK UNEJ dari angkatan 2023, 2022, 2021, dan 2020. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian evaluasi dari dosen ke mahasiswa, dan sebalikannya dari mahasiswa ke dosen. Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan prestasi, dosen terfavorit dan peraih IP tertinggi, serta diakhiri dengan penutup dan dokumentasi.

Runtutan acara Open Talk #2 berlangsung secara offline di Gedung Soedjarwo Universitas Jember dan online via Zoom Meeting pada tanggal 20 Agustus 2024. Secara garis besar, tujuan dari adanya Open Talk #2 ini sendiri adalah untuk menampung aspirasi mahasiswa yang ditujukan untuk dosen terkait kendala, masalah, ataupun pertanyaan yang mahasiswa alami selama masa perkuliahan berlangsung. Namun, pada Open Talk #2 kali ini, terdapat perbedaan yang signifikan dari Open Talk sebelum-sebelumnya. Pada Open Talk #2 ini para mahasiswa sangat bersemangat untuk menyambut perkenalan dari dosen baru yang akan membantu kegiatan belajar mengajar di PWK UNEJ! Terdapat enam dosen baru yang dikenalkan kepada seluruh civitas akademik PWK UNEJ. Yuk kenalan sama dosen baru kami!

  1. Bapak Jhon Jhohan Putra Kumara Dewa S.T., M.P.W.K
  2. Bapak Igor Aviezena Eris, S.Geo., M.URP
  3. Bapak Alifan Cahyana, M.Sc.
  4. Ibu Maria Ekacarini Jayanimitta, S.T., M.P.W.K
  5. Ibu Syavitri Sukma Utami Rambe, S.T., M.URP
  6. Ibu Inayatul Fikriyah, S.T., M.P.W.K.
  7. Ibu Loetvy Wahyuningtiyas,S.T.,M.URP.

Diatas merupakan daftar nama dosen baru yang akan membantu para mahasiswa PWK UNEJ untuk mendalami serta meraih ilmu seputar bidang perencanaan kota dan ilmu penunjang lainnya. Dapat kita lihat, berdasarkan gelar para dosen memiliki latar pendidikan yang serupa dan linear dengan ilmu PWK. Pada sesi perkenalan dosen ini, mahasiswa sangat terlihat excited untuk menyambut kedatangan mereka. Hal ini merupakan salah satu keinginan yang diinginkan oleh seluruh mahasiswa PWK UNEJ mengingat pada semester-semester sebelumnya, kami sebagai mahasiswa sangat membutuhkan penambahan dosen baru untuk meningkatkan efektivitas belajar kami selama masa perkuliahan berlangsung. Sesi perkenalan dosen baru ini secara tidak langsung menjadi contoh nyata dari tema yang diusung pada kegiatan Open Talk #2 ini!

Kegiatan Open Talk #2 diharapkan dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat serta dinantikan keberkelanjutan dari forum diskusi ini, sebagai wadah bagi dosen dan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota untuk menyampaikan aspirasi dan evaluasi guna memberikan suatu gambaran terkait rancangan pelaksanaan Program Kerja HMPWK UNEJ serta menunjang kegiatan akademik di dalam ruang lingkup Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember, sehingga dapat membangun sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas prodi yang lebih unggul di masa mendatang.

Posted on: September 5, 2024, by :