PWK Unej dalam Festival Arsitektur Nusantara

By Ratih

Festival arsitektur nuasntara merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia serta PT. Propan Raya. Festival arsitektur nusantara diselenggarakan pada tanggal 14-15 Maret 2019 bertempat di El Royale Hotel & Resort. Antusiasme yang tinggi terhadap kegiatan Festival Arsitektur Nusantara ini terpancar dari jumlah para arsitek yang luar biasa banyaknya. Beberapa dosen PWK yang terlibat dalam kegiatan festival diantaranya Ibu Dewi Junita, Ibu Nunung Nuring Hayati, Ibu Rindang Alfiah serta Ibu Ratih Novi Listyawati.

Bersama Bapak Bupati Banyuwangi dan Para Arsitek Indonesia

Kegiatan selama rentang waktu dua hari diisi oleh seminar serta field trip ke sejumlah titik pariwisata yang memiliki langgam arsitektur terbaik di Kabupaten Banyuwangi. Dua keynote speaker yang hadir dalam festival diantaranya Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc. yang merupakan Menteri Pariwisata Republik Indonesia, serta Dr. Hendra Adidarma selaku Founder dan President Director PT. Propan Raya. Tidak hanya keynote speaker, hadir pula beberapa narasumber diantaranya:

  1. Abdullah Azwar Anaz , M.Si (Bupati Banyuwangi) dengan materi “Peranan Creative Tourism dan Arsitektur dalam pengembangan pariwisata pada kota kabupaten kreatif Indonesia
  2. Ir. Yuwono Imanto, MBA (Dewan Pengarah Jejaring Kota Kabupaten Kreatif Indonesia) dengan materi “Ekosistem inovasi dan arsitektur sebagai infrastruktur dalam pengembangan kabupaten kreatif indonesia.
  3. Andra Matin IAI (Arsitek) dengan tema Praktik arsitektur di era modern dan peranannya dalam pembangunan proyek pemerintah.
  4. Yori Antar, IAI (Arsitek) dengan materi “ Arsitektur Nusantara dan penerapannya pada Kota Kabupaten Kreatif Indonesia.

Selain mendapatkan materi, field trip yang diselenggarakan juga tidak kalah menariknya. Beberapa spot yang dikunjungi diantaranya Omah Osing, Kantor Radar Banyuwangi, Gandrung Teracotta, Pendopo Sabha Swagatha, Mall Pelayanan Publik, Pasar Blambangan, Hotel Blambangan, kawasan Inggrisan, serta Sanggar Genjah Arum.

Field Trip menuju Kantor Radar Banyuwangi

Bersama Ir. Yori Antar dan Budi Pradono (Arsitek yang karyanya banyak digunakan oleh Pemkab Banyuwangi)

Field Trip Omah Osing, Pantai Solong

Posted on: August 8, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *