Kuliah Tamu ” Sosialisasi Program Magang MBKM di Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia”

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang dirancang utnuk mempersiapkan mahasiswa menjadi calon lulusan yang memiliki kompetensi, baik hard skill maupun soft skill, selain itu tujuan utamanya adalah membentuk pribadi tangguh dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan zaman dan dunia industry. Hal ini didasarkan pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa “Perguruan Tinggi wajib memberikan hak belajar tiga semester di luar program studi, mahasiswa diberikan kebebasan mengambil SKS di program studi, yaitu berupa 1 semester (setara dengan 20 sks) kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama dan 2 semester (setara dengan 40 sks) melaksanakan aktivitas pembelajaran di luar perguruan tinggi”.

Salah satu program dari Merdeka Belajar adalah program magang / kerja praktik pada instansi / lembaga terkait. Tujuan Program magang (Kerja Praktik) adalah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan keilmuan yang didapat di bangku kuliah pada bidang-bidang yang sesuai dengan bidang yang dipelajari. Output dari kegiatan magang / kerja praktek berupa laporan kegiatan selama proses magang berlangsung, sedangkan Outcome yang ingin dicapai dari progam magang ini adalah memberikan pengalaman dan wawasan tetang dunia kerja yang sebenarnya, sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri ketika akan lulus dari bangku kuliah.

Selain itu Program Magang/ Kerja Praktek merupakan mata kuliah wajib yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa PWK  Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Universitas Jember, dengan cara mengikuti proses secara langsung pada instansi / lembaga yang dituju, dan dibimbing oleh dosen yang ditunjuk oleh prodi.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan Negara (Wikipedia). Sehingga peranan Kementrian ATR di bidang tata sangat penting, mengingat Indonesia memiliki luas daratan 1.922.570 km persegi dengan jumlah pulau 17.499 pulau. Sehingga diperlukan SDM yang berkualitas untuk merencanakan dan mengelola tata ruang di Indonesia. Kementrian ATR pada tahun 2021 membuka program Mahasiswa Magang untuk mendukung program Kemendikbud.

Prodi PWK  Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Universitas Jember dan Kementrian ATR mengadakan kegiatan Sosialisasi Program Magang MBKM di Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia, yang akan dilaksakan secara daring pada Rabu, 5 Mei 2021, Pukul 10.00 WIB. Berikut informasi lebih lanjut tentang pelaksanan Kuliah Tamu :

KULIAH TAMU PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA, UNIVERSITAS JEMBER

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Jember menyelenggarakan kuliah tamu mengenai  Sosialisasi Program Magang MBKM di Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia, Kuliah Tamu ini akan diselenggarakan pada :

  1. Hari/tanggal : Rabu, 5 Mei 2021
  2. Waktu : 10.00 WIB – Selesai
  3. Tempat : Zoom Meeting dan LIVE Youtube Channel HMPWK UNEJ

Kuliah Tamu ini akan menghadirkan Pembicara dari Kementrian ATR E.A. Makarima Mohammad, ST.,. MT., M. Sc (Kepala Bagian Program Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang)

  • Pemandu dan Pembahas : Dr. Ir, Gusfan Halik, ST., MT., IPM (Kepala Jurusan Teknik Sipil, Universitas Jember)
  • Pembahas oleh : Nunung Nuring Hayati, S.T., M.T. (Kepala Prodi PWK, Universitas Jember) & Rindang Alfiah, S.T., M.T. (Dosen/ Akademisi Prodi PWK, Universitas Jember)

Terbuka untuk seluruh Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Jember

Fasilitas :

  • E-certificate
  • Ilmu yang bermanfaat

Pendaftaran pada link berikut ini : https://unej.id/PendaftaranSosialisasiATR

Link Streaming YouTube : https://unej.id/LiveSosialisasiATR

Kami tunggu partisipasi Anda

 

Cp : +62 853-3179-3353 (Dhany)

Salam Hormat,

Panitia Kuliah Tamu

Posted on: May 4, 2021, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *