Pemberdayaan ekonomi masyarakat berdasarkan community approachment dengan produk berupa plastik biodegradable

By Rendra

Perencanan wilayah dan kota merupakan program studi baru di Universitas Jember. Prodi ini memiliki pengkhususan di bidang industri Pertanian. Hal ini bersinergi dengan visi Universitas jember menjadi kampus Bioteknologi. Sebagai program studio yang memiliki ciri khas di bidang pertanian, mengundang dalam penelitian dan pegabdian bagi masyarakat.
Sampah merupakan masalah utama yang dipertanyakan oleh semua kota di seluruh dunia. Kumpulan sampah dibedakan menjadi organik dan sampah an-organik. sampah organik merupakan sampah yang bisa terurai dan terbuat dari bahan organik seperti sayur, dll. Sementara untuk sampah an-organik yaitu sampah yang tidak dapat terurai seperti plastik.
Pengembangan kawasan industri pertanian terkait dan potensi yang terjadi di lapangan. Desa dawuhan mangli kecamatan sukowono kabupaten jember merupakan desa penghasil jagung yang cukup besar. Komoditas jagung saat ini yang digunakan hanya bijinya saja sementara tongkol / bonggol jagung dibuang saja, padahal tongkol jagung memiliki cadangan alami yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat plastik biodegradable.
Rendra Suprobo Aji merupakan pengajar dari Program Studi Perencanaan pengajar ilmu teknik yang lainnya, Ari Susanti (teknik kimia), wanda Sartika (Perminyakan) dan fanteri (pertambangan) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan bantuan pelatihan dawuhan mangli kecamatan sukowono kabupaten jember untuk mengganti sampah tongkol jagung menjadi plastik biodegradable
Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, merupakan perwujudan dari keilmuan pengembangan masarakat dan pengembangan kawasan industri pertanian yang menjadi kekhususan program studi perencanaan wilayah dan kota jurusan teknik teknik pertanian teknik univesitas jember

Posted on: August 13, 2019, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *